Sri Ratna Pratiwi SST,MPd ( Kaprog Multimedia ) mengatakan peserta diajak belajar mengenal alat pembuat objek solid berbentuk tiga dimensi  dari suatu model digital. Dengan teknologi ini membuat semua bentuk benda dapat dibuat dengan mudah. Pengenalan teknologi 3D Printing di kalangan SMK, disebutkan o, diperlukan mengingat teknologi tersebut menjadi salah satu teknologi utama dalam implementasi revolusi indutri 4.0. Teknologi ini telah menjadi salah satu tren teknologi masa depan.“Kita harus bisa menguasai teknologi ini jika mau menguasa teknologi masa depan. Oleh sebab itu, kami berusaha menyebarluaskan pengetahuan tentang 3D Printing ini ke masyarakat termasuk SMK,” paparnya.

Denan penguasaan teknologi 3 D Printer ini diharapkan nantinya dari SMK dapat lahir produk-produk inovatif dalam berbagai bidang.“Harapannya dari kegiatan ini nantinnya SMK dapat mengimplementasikan teknologi 3D printing untuk menghasilkan karya sesuai dengan kebutuhan jurusan masing-masing,” ujarnya. Sri Ratna Pratiwi SST,MPd menyampaikan bahwa pameran pendidikan terutama stand SMK Negeri 1 Surabaya yang menanpilkan printer 3D ini mendapatkan sambutan yang cukup positif dari kalangan SMK- SMA .

Salah satu peserta pelatihan, Purwanto menyampaikan pameran printer 3D  ini memberikan wawasan baru terkait pemanfaatan 3D Printing yan memegang salah satu peran penting dalam teknologi masa depan. Dia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan merata ke berbagai daerah di tanah air sehingga nantinya dapat diimplentasikan bersama dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa.