Kegiatan Job Fair SMK Negeri 1 Surabaya

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Provinsi Jawa Timur, Kepala Bidang DIKMENJUR & PERTI Provinsi Jawa Timur, Kepala Cabang Dinas Wilaya Kota / Kabupaten Surabaya – Sidoarjo, Perwakilan dari Dunia Usaha Dunia Industri, Perguruan Tinggi, Keluarga Besar SMK Negeri 1 Surabaya.

Latar Belakang Kegiatan

Pendidikan berbasis kompetensi sangat dibutuhkan untuk dapat merespon kebutuhan dunia kerja yang bergerak lebih kompleks. Konsekuensi dari era globalisasi maka persaingan dalam dunia kerja bukan hanya dalam tingkat nasional bahkan sudah sampai dengan persaingan tingkat internasional. Perkembangan dasawarsa terakhir, menunjukkan bahwa tenaga kerja asing profesional yang masuk ke Indonesia tidaklah sedikit. Link & match antara dunia kerja dengan SMK harus berjalan selaras.

Untuk itulah, sebagai wujud peningkatan tanggung jawab terhadap lulusan SMK Negeri 1 Surabaya dan sebagai jembatan bagi perusahaan untuk melakukan rekrutmen kepada lulusan terbaik SMK Negeri 1 Surabaya  maka keberadaan BKK SMK Negeri 1 Surabaya sebagai unit Pusat Karir kembali menyelenggarakan job fair atau Bursa Kerja terbuka bagi lulusan SMK .

Tujuan Kegiatan

Dengan semangat antusias, komitmen dan pengalaman menyelenggarakan job fair, BKK SMK Negeri 1 Surabaya memiliki tujuan utama yakni dalam rangka menunjang pelaksanaan program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja. Memfasilitasi perusahaan melakukan rekrutmen dan memfasilitasi lulusan mendapatkan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan terbaik. Serta menjalin komunikasi dengan pihak pengguna, supaya kualitas pembelajaran khususnya di SMK Negeri 1 Surabaya makin berkembang. Kami berharap potensi-potensi SDM terbaik bisa diperoleh melalui Job Fair SMK Negeri 1 Surabaya sebagai strategi rekrutmen yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Sehingga target rekrutmen dapat terpenuhi.  

Target Kegiatan

Target kegiatan event ini adalah terpenuhinya posisi lowongan kerja yang ditawarkan oleh 23 perusahaan dan 20 lembaga pendidikan ternama di Indonesia dengan lowongan 5850  dan target pengunjung menurut estimasi sebanyak 6000 pencari kerja berkualitas dan potensial konsumen dengan karakteristik sebagai berikut:

1.     Pencari kerja SMA/SMK.

2.     Pencari kerja fresh graduate dari alumni/non alumni  SMK Negeri 1 Surabaya

3.     Pencari kerja berpengalaman untuk peningkatan karir.

4.     Pencari kerja dari kalangan umum.

5.     Civitas akademika   SMK Negeri 1 Surabaya  untuk potensial konsumen kegiatan bazar.

Peserta Job Fair

Perusahaan Swasta, BUMN dan Lembaga Pendidikan.

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

Jum’at & Sabtu, 26 – 27 April 2019

Tempat:

SMK Negeri 1 Surabaya

Jl SMEA N0 4 Wonokromo Surabaya

Bentuk Kegiatan

1.     Presentasi perusahaan peserta. Peserta job fair diberikan kesempatan untuk mempresentasikan profil perusahaan kepada jobseeker (tidak wajib).

2.     Penerimaan CV. Berkas lamaran langsung diterima oleh perusahaan saat job fair.

3.     Walk in Interview dan tes seleksi. Rangkaian proses rekrutmen meliputi interview dan tes seleksi saat job fair berlangsung.

4.     Bazar perusahaan. Perusahaan dapat melakukan penjualan produk-produknya. Area bazar perusahaan di luar area stand job fair.

Pelamar:

Berasal  dari alumni SMK Negeri 1 Surabaya, alumni SMK negeri swasta Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik,Mojokerto,  Lamongan, Jombang, Nganjuk, Bojonegoro, Madiun, sampang, bahkan ada yang dari Bandung.