Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMKN 1 Surabaya dilaksanakan pada Selasa, 04 Januari 2022 bertempat di ruang Ruangan Kepala Sekolah. dengan 2 tim penilai. Penilai 1 Ibu Dra. Heni Inawati I.P, M.Pd. dan Penilai 2 Dra. Elok Wiwin Herowati M., M.Pd. dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

PKKS merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai Kinerja dari Kepala Sekolah. Penilaian seorang Kepala Sekolah dilakukan oleh pengawas dengan menggali informasi dari pihak-pihak (bawahan; guru dan tenaga kependidikan, mitra kerja; komitesekolah, dan atasan).

Adapun penilaian kinerja kepala sekolah terdiri dari 2 komponen, yaitu 

1. Komponen Nilai Perilaku Kerja terdiri dari :

a. Pelayanan

b. Integritas

c. Komitmen

d. Disiplin

e. Kerjasama

 

2. Komponen Nilai Sasaran Kerja. Pelayanan

b. Manajerial

c. Pengembangan Kewirausahaan

d. Supervisi Guru dan PTK

e. Tugas Tambahan

f. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

g. Kegiatan Penunjang

 

Hasil penilaian kinerja akan bermanfaat bagi kepala dinas pendidikan dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi dan pembinaan lebih lanjut. Sedangkan bagi pengawas sekolah sendiri hasil penilaian kinerja kepala sekolah dapat dijadikan dasar dalam menyusun program pengawasan khususnya dalam membina kemampuan profesional kepala sekolah.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMKN 1 Surabaya

Kegiatan yang berlangsung satu hari penuh tersebut berjalan dengan baik, dengan nilai perolehan baik. Semoga pada PKKS berikutnya, SMKN 1 Surabaya bisa memperoleh hasil capaian yang lebih baik lagi, Dalam Paparannya Tjiptoadi Nugroho, S.ST,MT. selaku kepala sekolah SMKN 1 Surabaya. Amin ya rabb...