Sudah menjadi tradisi SMKN 1 Surabaya menggelar berbagai perlombaan dalam memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi RI. Salah satu lomba yang menarik pada peringatan kali ini adalah lomba PBB.

Lomba PBB diikuti sekitar 72 kelas dan dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Rabu, 14 dan 16 Agustus 2023. Hari pertama babak kualifikasi dan hari ke dua babak final. Peserta lomba terdiri dari kelas 10, 11, dan 12.

Lomba PBB dilakukan di dua tempat berbeda. Kegiatan lomba untuk kelas 10 dilaksanakan di depan Lobby SMKN 1 SURABAYA, sedangkan kelas 11 dan 12 dilaksanakan di lapangan in door. Terdapat 3 juri, terdiri dari dua guru PPL dan satu guru SMKN 1 Surabaya.

Peserta lomba adalah perwakilan dari masing-masing kelas, terdiri dari 22 siswa sebagai peleton dan satu siswa sebagai komandan peleton (danton). Kriteria penilaian adalah artikulasi danton, ketepatan gerakan, kekompakan gerakan, tingkat kreativitas, dan kerapihan barisan.

Perlombaan ini diberi waktu maksimal delapan menit dengan menampilkan PBB dasar dan kreasi yel-yel. Dalam babak kualifikasi, panitia mengambil dua kelas setiap angkatan. Peserta yang berhasil terpilih adalah 10 ML 1, 10 PSPT 3, 11 TKJ1, 11 AK 1, 12 PH 1, dan 12 AK 2.

Berlangsung di depan lobi dan gerbang utama SMKN 1,  juara ke tiga diraih oleh kelas 11 AKL 1, dengan 22 siswi sebagai partisipan. Kelompok ini tampak kompak mengenakan jarik senada dan selendang berwarna merah putih yang diikat di bagian pinggang. Tak heran mereka berhasil meraih juara ketiga dengan semua yang telah mereka persiapkan.

Pemenang urutan ke dua yaitu kelas 10 PSPT 3. Peserta ini paling muda di antara finalis lain, tetapi mereka bisa buktikan bahwa  juara 2 layak mereka sabet. Tampilan mereka paling semangat, bisa dilihat dari danton dan kekompakan peleton-peleton mereka.

Dan peraih juara pertama adalah tim dengan penampilan sangat apik hingga mencuri hati para juri dan penonton. Mengusung tema busana dan riasan adat Bali, kelompok ini tampil berbeda dari yang lain. Hampir dari semua kategori berhasil mereka taklukkan, mulai dari ketegasan kepemimpinan danton, hingga kreasi yel-yel yang luar biasa penuh semangat. 

 

Selamat kepada 12 PH 1 atas kemenangannya.

 

Sungguh apresiasi juga kepada para anggota panitia, yang berhasil melaksanakan rangkaian acara peringat HUT ke-78 RI  SMK Negeri 1 Surabaya pada tahun ini penuh kebersamaan dan makin mempererat tali persatuan.

 

 

Reporter : Rahiel Izza Shaabira. XI DKV 3

 

Fotografer :

1. Sonya Susanti. XI DKV 3

2. Viorentina M.D. XI DKV 3