Tepat hari Selasa, 16 Januari 2024, pameran tugas akhir siswa kelas 12 DKV (Desain Komunikasi Visual) dengan tema "Archipelago" dibuka.

Dipilih tema Archipelago oleh siswa kelas 12 DKV  karena Archipelago mengacu pada lautan luas yang belum dijelajahi oleh manusia dan penuh dengan cerita. Hal itu sama dengan desain dan karya seni yang bersifat netral, sehingga setiap orang dapat menarik kesimpulan karya seni tersebut dari sudut pandang yang beragam.

Pameran ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali  dengan pembacaan doa oleh Asmu'in, S.Ag., guru Agama. Adapun sambutan disampaikan oleh ketua panitia, M. Firman Maulana, ketua program DKV yaitu Rohib Al Faisal Sutopo, S.T. dan oleh Kepala Sekolah Dr. Drs. Anton Sujarwo, M.pd. dan diikuti dengan pemotongan pita. 

Acara pun berlanjut dengan workshop fotografi bertemakan "Human Interest" yang disampaikan oleh Eko Septiawan, S.Pd. selaku guru Jurusan DKV, diikuti oleh siswa siswi beserta Guru dari SMK Negeri 1 Surabaya. Acara Archipelago ini digelar di aula SMK Negeri 1 Surabaya. Selain itu, di luar aula juga terdapat beberapa tenant yang menjual stiker, tumbler, minuman dan masih banyak lagi dan tidak  lupa tersedia tempat untuk berfoto di photobooth yang disediakan oleh panitia.

Acara ini juga dimeriahkan dengan games bernama "Tokcer", yaitu singkatan dari otak encer. Games ini dimenangkan oleh Ara kelas 12 MM (Multimedia) dan Gadiza kelas 11 DKV (Desain Komunikasi Visual). Setelah istirahat salat Ashar, Pameran Archipelago pada selesai pada pukul 15.10 WIB.

 

Reporter:  Alyssa Nadwif Safrila (10 AKL 1)