Acara Gathering SBH (Surabaya Black Hat) bersama IT Club SMKN 1 Surabaya diadakan pada Hari Sabtu, 18 Nopember 2017. Acara bersama ini mengangkat tema “IoT and Pentesting on Android. Tujuan dari acara ini agar para peserta mengenali teknologi IoT yang di control menggunakan HP Smartphone Android serta mengenal kelebihan dan kelemahannya. Pemateri yang hadir melibatkan 2 pihak, yang pertama dari IT Club dan yang kedua dari SBH.

 Pemateri dari IT Club membawakan tema “Teknologi Automasi Metode Tanam Hidroponik” yang bisa di monitoring melalui HP dan Web. Semakin sedikitnya lahan kosong serta banyaknya pemukiman, mendorong orang untuk berpikir bagaimana bisa menyalurkan hobby bertanam walaupun dengan kondisi yang terbatas. Metode Hidroponiklah pilihannya. Dengan menggunakan Teknologi IoT, bertanam hidroponik lebih hemat, efisien dan praktis. Produk IoT ini diberi nama “ Hidroponik Pintar”. Adapun fiturnya yaitu :

  1. Irigasi Otomatis
  2. Pemantauan Real Time
  3. Notifikasi/ Pesan
  4. Pencahayaan otomatis
  5. Penyesuaian Temperatur
  6. Pengaturan bisa manual atau otomatis

 Pemateri dari SBH, dalam hal ini diwakili oleh Mas Arman (Mahasiswa PENS) menjelaskan Konsep dan Penggunaan IoT dalam kehidupan. Pemateri berikutnya juga dari SBH yaitu mas Fakhrul dan Mas Rizal (Keduanya Alumni SMKN1 Sby) menjelaskan bagaimana seorang Hacker bias memantau dan menerobos system yang dibuat seorang developer. Sebagai contoh aplikasi IoT yang awalnya dikendalikan lewat HP, bisa dikendalikan seorang hacker melalui aplikasi lainnya. Intinya seorang Developer harus bisa menggandeng seorang hacker untuk melihat dan memastikan apakah system yang dibuat tangguh atau rapuh.

 Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan sharing ilmu yang diberikan bermanfaat untuk kemajuan bangsa ini.. Amiin

Note: Foto Selengkapnya ada di Galeri Foto