Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim, karena pada bulan Ramadhan inilah amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan diturunkannya kitab suci Al-Qur’an dan bulan pengampunan dosa serta dikabulkannya doa-doa.

Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif, SMK Negeri 1 Surabaya melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan Virtual Zoom Online dan Live Streaming Youtube. Peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di Masjid Nurul Iman SMK Negeri 1 Surabaya, alhamdulillah siswa melaksanakan kegiatan ini dengan tertib dan khusuk.

Peringatan Nuzulul Qur’an pada tahun ini dihadiri oleh KH. Agus Fahmi atau biasanya disebut Gus Fahmi dengan Tema The Miracle Of Ramadhan. Siswa menyimak materi  yang disampaikan dengan antusias dan hikmat. Penyampaian materi yang interaktif oleh Gus Fahmi membuat materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik oleh siswa.

Bulan Ramadhan tahun ini selain diisi dengan kegiatan siraman rohani, juga dimanfaatkan oleh siswa untuk melakukan kegiatan sosial seperti pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah Untuk memupuk rasa saling bersedekah antar sesama.

ketua panitia kegiatan Pondok Ramadhan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua warga SMK Negeri 1 Surabaya sehingga pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini berjalan dengan lancar, hikmat dan bermanfaat.